Selasa, 04 September 2012

Tips mencegah rambut abu-abu/putih(uban) datang lebih cepat

Rambut abu-abu atau putih terkadang menjadi hal yang tidak diinginkan. Walaupun secara natural akan tampak ketika mencapai umur 40 tahunan, tetapi ada juga yang muncul sebelum itu. Warna rambut sendiri tergantung pada zat bernama melanin yang mengatur pigmentasi warna rambut atau karena kekurangan vitamin B12.


Untuk mencegah rambut abu-abu datang dengan cepat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pria dan wanita, yaitu:

1. Makan-makanan jenis seafood, seperti ikan, udang, kepiting, dan lobster. Rambut kita membutuhkan zat yodium, tembaga, dan besi untuk menjaga produksi melanin dan mendukung warna alami rambut. Untuk yang alergi terhadap makanan seafood, bisa menggantinya dengan wortel dan pisang yang juga mengandung ketiga zat tersebut.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan mineral yang tinggi. Makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, dan vitamin C menjadi penting karena mengangkat radikal bebas dari dalam darah dan mendukung kerja jantung dan hati sehingga bisa menjaga rambut dari berubah menjadi putih. Ganggang laut, kacang, biji-bijian, dan sayuran hijau bisa menjadi makanan yang tepat.

3. Minum suplemen Omega-3 setiap hari sebanyak 3.000 mg setiap harinya.

4. Kurangi stress. Penelitian menunjukkan ada hubungan antara stress dan rambut memutih. Istirahat, berolahraga, meditasi, dan carilah kegiatan yang bisa menenangkan dan melepaskan stres.

5. Pijat kepala dengan menggunakan mentega susu sapi dua kali seminggu bisa mencegah penambahan rambut putih.

6. Campurkan satu sendok makan garam (yang mengandum yodium) dengan teh jenis black tea. Oleskan dan pijat ke kulit kepala secara merata, diamkan satu jam baru kemudian dibilas.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan , dan bila ingin memberi link , harap link tersebut tidak berbau SARA,PORNO,dan penjelakan terhadap seseorang/kelompok tertentu ,

Thx